Hena Lo'i, Hena latu Huamual

Hena Lo'i,  Hena latu Huamual
lokki 1652

Sejarah Kerajaan Huamual harus diluruskan.

Banyak orang yang menulis ttg sejarah kerajaan huamual, banyak pendapat yg bertubrukan dan berdampak kepada pemutarbalikan sejarah dari yg sebenarnya.

Kamis, 01 Juli 2010

MAJIRA VAN HUAMUAL

Benarkah Majira adalah Pangeran atau putra Mahkota dari raja kerajaan huamual?? ataukah Dia hanya seorang pemimpin pemberontakan yang adalah kaki tangan Kerajaan ternate? sedangkan utusan kerajaan/panglima perang kerajaan ternate yang tinggal di ibukota kerajaan huamual diberikan tanggungjawab kepada laksamana Saidi. laksamana saidi membangkang terhadap Majira. gelar Gimelaha adalah sebuah gelar yg diberikan oleh raja ternate kepada Majira, apakah hal tersebut menandakan bahwa majira adalah kaki tangan dari kerajaan ternate? sebagai anak asli Huamual kita diperhadapkan dalam kesemrawutan sejarah. ini harus diluruskkan.,karena banyak penulisan sejarah yg sangat mandek akibat dari ke-egoisme suatu daerah terhadap daerah lain dan menganggap daerahnya memiliki kekuasaan terhadap sejarah negeri2 lain di jasirah huamual.
dalam beberapa Dokumen tua, yg tertulis dalam bahasa melayu kuno, disebutkan bahwa arus perdagangan Rempah2 dunia berpusat di maluku. sejarah mencatat bahwa perang huamual adalah perang cengkih & pala. nah dari hal tersebut diatas maka sudah selayaknya huamual disebut sebagai penghasil rempah2 dunia di maluku pada saat dan waktu tersebut.
demikian didalam dokumen kolonial belanda,disebutkan bahwa Huamual adalah pusat perdagangan cengkih & pala. masyarakat huamual telah mengenal teknik budidaya cengkih yg baik, sehingga komoditas cengkeh merupakan andalan kerajaan tersebut.
kerajaan Ternate/Tidore dalam pencatatan sejarahnya saling mengklaim bahwa daerah jasirah huamual merupakan milik dua kerajaan tersebut. Rasanya aneh jika mereka hanya bisa mengklaim,sementara pasukan kedua kerajaan tersebut pernah dipakai dalam memerangi kerajaan huamual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar