Hena Lo'i, Hena latu Huamual

Hena Lo'i,  Hena latu Huamual
lokki 1652

Sejarah Kerajaan Huamual harus diluruskan.

Banyak orang yang menulis ttg sejarah kerajaan huamual, banyak pendapat yg bertubrukan dan berdampak kepada pemutarbalikan sejarah dari yg sebenarnya.

Sabtu, 03 Juli 2010

TIUP TAHURI PANGGEL PULANG YANA TUNI "SAKA MESE NUSA"


TIUP TAHURI PANGGEL PULANG YANA TUNI "SAKA MESE NUSA"

Kabupaten Seram Bagian Barat memilki begitu banyak Negeri-negeri adat, yang dalam melaksanakan kegiatan berupa apapun selalu berpatokan pada adat-istiadat negeri masing2. Dalam mengawali proses adat di beberapa negeri adat Penggunaan "TAHURI" merupakan alat komunikasi adatis yg di anggap sakral dan memiliki kekuatan spiritual dan sebagai alat perekat dalam pelaksanaan kegiatan adatis tersebut.
Gawe/perhelatan Pemilihan kepala Daerah di kabupaten seram bagian barat semakin dekat, Masing2 calon telah siap mengendarai kendaraan untuk bertanding dalam perang,kalah menang,dan saling hujat kian deras. Arus politik yg tenang dibuat berombak ,Asap demokrasi yg mengepul dibuat terbakar,suhu demokratis yg dingin dibuat memanas, tensi politik di kabupaten seram bagian barat akan semakin meninggi.

Ditengah badai pembangunan kabupaten SBB yg morat marit,maka sangat diharapkan figur pemimpin yg bisa membawa kabupaten ini maju dan bersaing dengan kabupaten lainnya di maluku, figur yg dapat membawa kabupaten ini keluar dari segala masalah,figur yg merakyat yg slalu dekat dengan rakyatnya, yg mencintai rakyatnya, Figur yg berpihak pada kebenaran, demi kesejahteraan bersama dan bukan untuk kesejahteraan sekelompok orang.

TAHURI SAKA MESE NUSA.....berbunyi...Memanggil setiap anak Nusa Ina untuk memimpin daerahnya, Anak Adat harus mendapat tempat yg layak untuk memimpin,membangun dan mengecap hasil karya anak negerinya sendiri.......!!!!!

Sebagai anak Nusa Ina,Bunyi TAHURI adalah TITAH untuk melakukan kegiatan Pembangunan demi kemajuan bersama dalam menciptakan masyarakat SBB yang madani aman dan sejahtera.
TIUP TAHURI panggel pulang Basudara samua, sama2 satukan hati dan tekad, saling berpegangan tangan satu dengan yg lain katong sama-sama bangun Negeri "saka mese nusa"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar