Hena Lo'i, Hena latu Huamual

Hena Lo'i,  Hena latu Huamual
lokki 1652

Sejarah Kerajaan Huamual harus diluruskan.

Banyak orang yang menulis ttg sejarah kerajaan huamual, banyak pendapat yg bertubrukan dan berdampak kepada pemutarbalikan sejarah dari yg sebenarnya.

Kamis, 12 Agustus 2010

Pengembangan SDM Perikanan di Maluku Tidak Fokus

Ambon: Program pengembangan sumber daya manusia dalam bidang ilmu perikanan maupun kelautan di Maluku tidak fokus pada sasaran pengelolaan sumberdaya alam laut yang sangat potensial. “Kita memang sudah memiliki Fakultas Perikanan di Universitas Pattimura maupun Akademi Maritim Maluku, tapi dalam penerapan ilmunya belum terlalu dipusatkan pada upaya pengelolaan SDA kelautan secara maksimal,” kata Sekretaris komisi B DPRD Maluku, La Ode Alimin di Ambon, Jumat.

Masalah pengembangan SDM bidang perikanan dan bahari di Maluku sebenarnya tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia karena Maluku sudah dikenal cukup menguasai tekhnik perkapalan dan perikanan.

Apalagi Kementrian Pendidikan Nasional bersama Kementrian Kalautan dan Perikanan telah diinstruksikan Presiden SBY segera menyiapkan lembaga pendidikan bahari di daerah ini, ketika meresmikan acara puncak kegiatan internasional Sail Indonesia ke-X di Ambon, Selasa (3/8) lalu.

“Kepala Negara memang tidak mencanangkan Maluku sebagai lumbung ikan nasional tapi menyatakan dukungannya, sebab program ini membutuhkan payung hukum berupa Inpres atau keputusan khusus dari Presiden,” katanya.

Bila program Pemerintah Pusat seperti ini direalisasi, maka lembaga pendidikan yang bertujuan memajukan SDM bidang perikanan dan bahari semakin banyak, hanya saja dibutuhkan keseriusan pemprov bersama masyarakat.

Selain itu, persoalan kepemilikan modal jadi kendala utama bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha perikanan dalam skala besar, baik untuk petani dan nelayan dan kelompok-kelompok usaha lokal, sedangkan penguatan permodalan ini justeru dimiliki oleh orang dari luar daerah.

“Kalau dijadikan daerah lumbung ikan nasional, investor akan datang melakukan pemesanan dalam jumlah besar setiap bulan atau tahun dan harus dipenuhi, dan mereka tidak perlu melakukan penangkapan sendiri,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar